/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Tuesday, October 1, 2013

ROM & RAM

Perbedaan ROM dan RAM
&
Contoh DRAM


Dalam segi bahasa ROM (Read Only Memory) hal ini berfungsi sebagai ruang pembaca dan penyimpan data atau file yang sudah jadi. Sedangkan RAM (Random Acces Memory) berarti berfungsi sebagai pemroses data acak, seperti perintah yang sedang dijalankan, selain itu RAM juga memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara.
Perbedaan yang lain adalah ROM menyimpan data secara permanen dan kompleks sehingga pengisian data biasanya dilakukan oleh pabrik atau produsen, selain itu penyimpanan data dalam ROM tida membutuhkan daya, ROM biasanya juga digunakan untuk menyimpan perangkat lunak yang berhubungan dengan perangkat keras, data yang tersimpan tidak dapat dihapus, perintah dalam ROM hanya membaca sistem operasi dari disk, mengecek peralatan yang ada dalam sistem, dan perintah untuk menampilkan pesan layar. Sedangkan RAM menyimpan data yang sewaktu-waktu dapat dibuat sendiri, RAM juga membutuhkan daya dalam proses penyimpanan data, sehingga data dapat hilang jika RAM tidak mendapat daya, selain itu RAM berfungsi untuk mempercepat pemrosesan data komputer.  

Contoh dari DRAM (Dynamic Random Acces Memory) adalah SDDRAM (Synchronous Dynamic Random Acces Memory), DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM), dan RDRAM (Rambus Dynamic RAM) .




Penjelasan Beberapa Slot di Komputer

            Slot AGP (Accelerated Graphic Port) berfungsi sebagai bus pendukung kartu grafis yang dimana hanya memiliki satu slot dalam sistem.
            Slot PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang mendukung berbagai perangkat keras.
            Slot ISA (Industry Standard Architecture) adalah sebuah arsitektur bus dengan bus data selebar 8-bit sampai 16-bit. Yang mengkoneksikan serial port, parallel port kontrolir floppy disk, dan kontrolir keyboard.
            Slot EISA ( Extended/Enhanced Industry Standard Architecture) adalah sebuah bus yang pada dasarnya sama dengan adalah sama dengan versi  32-bit dari ISA. Tetapi memiliki kemampuan kompatibilitas ke belakang.
            Slot USB (Universal Serial Bus) adalah bus yang memiliki fungsi menghubungkan perangkat keras ke dalam komputer induk yang memiliki kemampuan yang fleksibel yang berarti komponen dapat dipasang maupun dilepas dari komputer induk, contoh perangkat keras yang dapat dipasang melalui USB adalah mouse, keyboard, joystick, dll yang memiliki kompatibilitas USB.



Pemrosesan Sistem Komputer Informasi


Pemrosesan sistem komputer informasi tidak lepas dari adanya data. Data adalah segala hal yang berupa fakta yang terekam berupa text, foto, video, ataupun simbol-simbol yang dapat memberikan sesuatu hal yang bermanfaat bagi pengetahuan yang akan diolah atau diproses melalui media. Media disini dapat menggunakan Komputer. Di dalam komputer data yang tersedia kemudian diolah melalui berbagai software yang ada kemudian disesuaikan dengan keinginan kita sebagai user yang ingin memberi informasi kepada umum.
Dalam memasukan data dalam komputer (input) kita dapat menggunakan berbagai macam hardware(Input Device) seperti keyboard, mouse, scanner, camera, joystick, microphone. Kemudian setelah kita memasukan data ke dalam komputer kita dapat memproses (Processing) data yang tersedia sesuai keinginan kita untuk mengeluarkan (output/publishing) data yang nantinya akan menjadi informasi untuk umum dengan berbagai sarana prasarana software yang ada seperti Microsoft Office, Notepad, Free Pascal, Java, Correl Draw, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop, dan masih banyak software yang lain . Setelah proses yang kita lakukan mengolah data kemudian kita menyimpan (storage) data yang telah kita proses baik dalam bentuk softcopy (Hardisk, Floppy Disk, Drive Zip, DVD-ROM, USB Flashdisk, dan masih banyak lagi) .Setelah kita olah dan simpan maka kita sudah siap untuk mengeluarkan informasi (Output/Publishing). Mengeluarkan atau output atau publishing informasi dengan hardware (Output Device) dapat menggunakan monitor, printer, sound card, dan masih banyak lainnya.




source:
Bambang Hariyanto; http://www.bambanghariyanto.com 
 

No comments:

Post a Comment