/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Saturday, October 19, 2013

Software



Pengertian Software dan Macam-Macam Software
Software atau yang disebut dengan perangkat lunak adalah alat interaksi antara perangkat keras dengan pengguna komputer. Software juga bisa di ibaratkan bahasa sederhana yang di gunakan oleh semua program untuk menjalankan komputer. Software juga di ibaratkan sebagai ‘penterjemah’ perintah yang di berikan pengguna komputer agar di proses oleh perangkat keras. Software merupakan piranti yang vital dimana secara fisik tidak dapat dirasakan, dilihat, dan disentuh hanya diciptakan untuk dioperasikan oleh pengguna (user). Selain itu software digunakan sebagai sarana pengolah data.
Macam-macam software yang ada saat ini dapat dibedakan menjadi tiga pokok yaitu,
1.      Sistem operasi
2.      Program bantuan
3.      Bahasa komputer
4.      Program aplikasi
Sistem operasi adalah software dasar pengoperasian komputer dimana fungsinya adalah sebagai  software awal yang dikenali oleh komputer untuk melakukan aktifitas pengoperasian pengolah data. Secara ringkasnya sistem operasi adalah sebagai operasi dasar yang melakukan pemrosesan awal dalam pengoperasian komputer.
Program bantuan adalah program yang digunakan untuk menutupi dan membantu kekurangan dari suatu sistem operasi. Cara kerjanya adalah dengan menampilkan kembali file yang terhapus dari suatu sistem informasi.
Bahasa komputer adalah bahasa yang digunakan untuk membuat program-program komputer, yang dimana pengguna harus mentaati tata bahasa pemrograman yang ditetapkan. Bahasa komputer adalah kode yang dituliskan user untuk memberi perintah kepada komputer. Bahasa komputer ada dua yaitu low level language da high level language.
Program aplikasi adalah software yang digunakan untuk membantu user melakukan proses pengloahan data di komputer. Biasanya program aplikasi ini untuk melakukan analisa, konfigurasi, engoptimalkan dan memelihara komputer. Program aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan tugas seperti membuat dokumen, bermain game, mendengarkan musik, menonton video, atau melakukan browsing internet.



Contoh – contoh Software
1.      Sistem Operasi
Contoh dari sistem operasi adalah :
-          Microsoft Windows 9x
-          Microsoft Windows 2000
-          Microsoft Windows NT
-          Microsoft Windows XP
-          Unix
-          Linux
2.      Program Bantuan
Contoh dari program bantuan :
-          Netware
-          Token Ring
-          Lantastic
3.      Bahasa Komputer
Contoh dari bahasa komputer :
-          BASIC
-          PASCAL
-          FORTRAN
-          JAVA
4.      Program Aplikasi
Contoh dari program aplikasi:
-          Microsoft word
-          Ventura Publisher
-          Page Maker
-          Microsoft Excell
-          Lotus Improv
-          Paradox
-          Foxpro
-          Microsoft Acces
-          Approach
-          Corel Draw
-          Adobe Photoshop

Perbedaan dan Persamaan dari Software, Aplikasi, dan Pemrograman

            Aplikasi adalah bagian dari software yang memiliki kemampuan untuk melakukan tugas dari user dengan memanfaatkan kemampuan komputer yang ada. Aplikasi merupakan sistem kerja terkecil yang memiliki kemampuan kerja perbidang dari suatu software.
            Software adalah data yang dimuat secara digital yang hanya bisa dipahami oleh komputer. Software memuat aplikasi sebagai bagian dari sistem operasi untuk melakukan tugas pengolahan data dari user kepada komputer.
            Program adalah serangkaian intruksi berupa kode yang dapat dipahami oleh komputer. Program sebagai dasar intruksi untuk membuat dan menjalankan software (aplikasi dan sistem operasi).
            Persamaan dari ketiga hal tersebut adalah memiliki peran penting dalam pemrosesan data dalam komputer dan ketiganya saling berkaitan.










Source:
Galang                  ;http://celoteh-galang.blogspot.com
Agung Tri             ;http://arjunabancak.blogspot.com

No comments:

Post a Comment