/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Tuesday, April 2, 2013

Pemimpin yang Baik

Kali ini saya akan membahas tentang bagamaina menjadi pemimpin yang baik. Di Indonesia tercinta ini banyak kita temui pemimpin yang banyak mengobral janji. Banyak pemimpin di Indonesia ini yang memimpin tidak memiliki kemampuan yang baik dan layak. Banyak juga kita ketahui bahwa banyak pemimpin yang tersandung masalah hukumtetapi tidak mau mengundurkan diri dari jabatannya. Hal ini sungguh sangat disesali, dan hal ini juga dapat memberi gambaran bahwa bangsa Indonesia tidak punya malu dan tidak bertanggung jawab.
Kemudian timbul pertanyaan bagaimana menjadi pemimpin yang baik? Banyak hal yang harus dimiliki pemimpin yang baik, tetapi kita hanya mengulas beberapa hal yang harus dimiliki pemimpin.
Pertama, pemimpin harus memiliki integritas dalam memimpin baik memimpin diri sendiri maupun orang lain. Tidak hanya semata memimpin untuk kepentingan sendiri atau kelompok penyokong, tetapi juga mau untuk berjuang demi kesejahteraan dan kemakmuran bersama. Pemimpin juga harus dan wajib memiliki rasa bertanggung jawab dan terbuka. Karena dengan bertanggung jawab dan terbuka banyak orang yang akan memberi kepercayaan dan dukungan kepada pemimpin. Hal ini yang membuat para pemimpin untuk sukses dalam menyelesaikan visi dan misi bersama untuk kesejahteraan dan kemakmuran bersama.
Kedua adalah memiliki hati. Hati disini berarti pemimpin harus adil, tegas, dan juga penuh kasih, meskipun kelihatannya sulit untuk dilakukan tetapi hal ini dapat diusahakan. Dengan pemimpin yang memiliki hati maka banyak orang yang akan memberi dukungan dan bantuan dengan sukarela kepada pemimpin, karena pemimpin yang memiliki hati membuat orang-orang yang dipimpinya merasa dilindungi, diayomi, dan dihormati haknya oleh pemimpin.
Ketiga pemimpin harus memiliki wawasan dan pengalaman. Hal ini juga sangat penting dalam hal memimpin. Pemimpin yang memiliki wawasan dan pengalaman yang luas akan mudah dalam mengambil sikap dan keputusan dalam menghadapi masalah yang terjadi. Wawasan dan pengalaman yang luas ini mempengaruhi juga orang-orang untuk mempercayakan pemimpin sebagai penengah, pemberi solusi, dan mengatasi setiap masalah yang ada.
Keempat adalah takut akan Tuhan. Dengan takut akan Tuhan pemimpin tidak akan menghianati orang banyak dan lebih mengasihi dan mengayomi para orang-orang yang dipimpinnya.
Beberapa hal diatas merupakan syarat utama untuk menjadi pemimpin yang baik di Indonesia tercinta ini. Tetapi sangat disayangkan banyak pemimpin yang memiliki wawasan, pengalaman, kemampuan dan pengetahuan luas tetapi tidak memiliki integritas, hati, dan rasa takut akan Tuhan.

No comments:

Post a Comment