/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Tuesday, April 2, 2013

Pemimpin atau Bos?

Kali ini saya akan membahas tentang makna sebagai pemimpin. Kebanyakan dari kita pasti mengindentikkan pemimpin dengan bos, hal ini adalah gambaran yang salah. Banyak perbedaan antara pemimpin dan bos. Mari kita ketahui tentang kedua hal yang hampir serupa ini.
Bos, adalah atasan dalam suatu instansi pekerjaan, yang melakukan visi dan misi dari suatu instansi pekerjaan tersebut, kecenderungan bos adalah memerintah dan menaksa para bawahan atau para pekerjanya untuk bekerja sesuai dengan visi dan misi yang ada dalam perusahaan atau instansi pekerjaan. Bos juga lebih seperti raja, karena memiliki kuasa yang dimana para pekerja harus bekerja sesuai dengan perintahnya. Selain Itu bos juga cenderung bersifat materialisme, karena ia melakukan hal itu untuk pekerjaan. Selain itu bos juga lebih tertutup dalam pebyebaran informasi, kurang jujur dan terbuka dengan para bawahannya.
Sedangkan pemimpin adalah orang yang memimpin suatu kelompok untuk mencapi visi dan misi bersama. Pemimpin juga lebih cenderung untuk mengayomi, melindungi, mengarahkan, dan memberi solusi dalam kelompok yang dipimpinnya. Pemimpin juga bekerja sesuai dengan hati nurani, bukan hanya sekedar melakukan tugas untuk pekerjaan dan dibayar. Pemimpin juga lebih terbuka dan jujur terhadap para orang yang dipimpinnya. Pemimpin biasanya juga lebih memetingkan kepentingan para pengikutnya daripada kepentingan pribadi. Selain itu pemimpin bekerja keras juga untuk para pengikutnya.
Tetapi pada kenyataannya di Indonesia ini lebih banyak ditemukan para bos daripada pemimpin asli dalam kursi pemerintahan. Bukan bekerja untuk rakyat tetapi bekerja untuk membesarkan perut sendiri. Sungguh ironis di negeri yang kaya dan berlimpah ini, jika semuanya ingin menjadi bos. Jadi apakah anda ingin menjadi pemimpin atau bos??

No comments:

Post a Comment